Posted by : Yasep Atmaja Rabu, 09 Januari 2013


Tujuan negara juga dapat dilihat pada beberapa teori berikut ini : 
a. Teori Kekuasaan Negara
Tujuan negara berdasarka teori ini adalah negara berusaha mengumpulkan kekuatan yang besar, menyiapkan militer yang kuat, disiplin, dan loyal untuk menghadapi bahaya. Teori ini idak mempedulikan keselamatan dan kemakmuran, hanya peduli agar sentosa. Teori ini diterapkan oleh Jenghis Khan dan Kubhilai Khan.
b. Teori Perdamaian Dunia.
Menurut teori ini , tujuan negara adalah untuk mencapai perdamaian. Hal itu di karenakan keamanan dan ketenteraman manusia dalam negara dapat di capai karena adanya perdamaian dunia. Teori ini menganggap bahwa pembentukan negara merdeka hanya menimbulkan perang.
c. Teori Jaminan Hak dan Kebebasan.
Teori ini menyatakan bahwa tujuan negara adalah untuk mempertahankan hukum agar hak dan kebebasan rakyat terpenuhi. Dalam teori ini , peranan negara sebagai penjaga ketertiban hukum dan pelindungan hak serta kebebasan. Negara tidak boleh campur tangan dalam urusan pribadi dan ekonomi warga negaranya.
d. Teori Negara Kesejahteraan.
Tujuan negara pada teori ini adalah menyejahterakan rakyat. Negara harus bertindak adil kepada warganya secara seimbang.
Adapun beberapa paham tentang teori tujuan negara adalah sebagai berikut :
    
1. Teori fasisme
Tujuan negara fasis adalah imperium dunia, artinya mempersatukan semua bangsa di dunia. Contoh negara fasis adalah Italia semasa Mussolini, Jerman semasa Hilter.
2. Teori individualisme
Tujuan negara adalah tidak boleh ada campur tangan dalam urusan pribadi, ekonomi, dan agama. Kebebasan individu diberikan sebanyak banyaknya. Contoh negara yang menganut teori ini adalah Amerika Serika.
3. Teori sosialisme
Tujuan negara adalah untuk kesejahtraan umum. Pelopor teori ini Lenin dan Stalin
4. Teori integralistik
Tujuan negara adalah untuk kepentingan umum. Pelopor teori ini adalah Hegel dan Adam Muller.


Sumber

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Banner

Free counters!


- Copyright © Adzroo Zata -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -